5 Google Doodle Terbaik Menurut Saya!

Kita tentu mengenal Google, sang raksasa Internet yang dikenal sebagai pengembang Android(Bukan pencipta) dan pengembang layanan Internet, terutama mesin pencarinya yang dikenal dengan sebutan "Mbah". Tugas menumpuk? Search di Google. Butuh informasi cepat? Search di Google. Cari jodoh yang tepat? Maaf, itu adalah proses kerja keras darimu dan merupakan izin yang Mahakuasa.

Namun kali ini saya tidak akan membahas soal Google. Tapi saya akan membahas soal Google Doodle. Sudah pasti, jika kita sering membuka Google(Lebih tepatnya selalu), terutama pada hari-hari besar yang diperingati Google, akan muncul logo Google yang di-desain untuk memperingati hari-hari besar, hari raya, event-event tertentu, dan tokoh-tokoh serta orang-orang yang berpengaruh. Nah, kini saya akan menjabarkan 5 Google Doodle terbaik yang pernah dibuat menurut saya. Check these out!

1. Anniversary of The First Ascent of Mont Blanc (8 Agustus 2015)
Sederhana, indah, artistik, dan meditatif adalah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan Doodle ini. Doodle ini dikreasikan oleh Google untuk memperingati pendakian pertama gunung Mont Blanc yang dilaksanakan 229 tahun lalu, tepatnya tahun 8 Agustus 1786 oleh Jacques Balmat dan Michel Paccard. 

Saya melihat sebuah ketenangan dan sebuah perasaan yang begitu relaks ketika melihat Doodle ini. Desain gambar dan warnanya seperti digambar oleh sapuan kuas dengan cat air yang tipis, sehingga corak-corak dan penggambarannya menjadi lebih abstrak dan buram, terutama pada gambar salju yang berada di puncak gunung, dengan 2 siluet pendaki di atasnya dan pemandangan di kaki gunung yang begitu hijau. Namun, penggambaran inilah yang mampu menyajikan sebuah ketenangan, keindahan landscape Mont Blanc yang didesain secara indah, sederhana, dan begitu menenangkan. Relaxing, meditative, a magnificent & beautiful Mont Blanc landscape created with simplicity.

2. New Horizons Pluto Flyby (14 Juli 2015)
14 Juli 2015, pesawat milik NASA, New Horizons, terbang melintasi si Planet Kerdil, Pluto. Peristiwa ini diperingati karena perjalanan yang begitu panjang untuk mencapai Pluto oleh New Horizons, yaitu sekitar 9 tahun lamanya.

Google mendesain Doodlenya secara unik, lagi-lagi sederhana, namun colorful dan dengan font tulisan dan nuansa luar angkasa yang flat, mirip Material Design ala Android. Selain itu, dalam Gif ini, terdapat pesawat New Horizons yang bergerak melintasi Pluto. Ciri khasnya? Colorful dengan nuansa luar angkasa yang sederhana dan eye-candy.

3. Thor Heyerdahl's 100th Birthday (6 Oktober 2014)
Doodle pada peringkat ke-3 ini memperingati hari ulang tahun ke-100 dari seorang petualang yang saya anggap salah satu petualang dan penjelajah terhebat yang pernah ada. Dia adalah Thor Heyerdahl. Ia terkenal berkat ekspedisinya, yaitu ekspedisi Kon-Tiki, yang menggunakan rakit buatan tangan untuk berlayar sepanjang 8.000 km melewati Samudera Atlantik dari Amerika Selatan menuju Kepulauan Tuamotu. Ia juga dikenal karena ekspedisinya ke Pulau Paskah.

Dalam Doodle ini, desain yang dibuat oleh Google memiliki kesan primitif yang kental karena terdapat gambar patung Moai dari Pulau Paskah dan rakit milik Thor, serta gambar topeng suku kuno. Selain itu, terdapat corak-corak alam seperti dedaunan dan ikan di sepanjang tepi gambar. Dengan warna yang dominan biru muda, Doodle ini menawarkan kesan kuno, primitif yang estetis, dan natural.

4. Antoni Gaudi's 161st Birthday (25 Juni 2013)
Ulang Tahun ke-161 sang master arsitek, Antoni Gaudi, dirayakan secara colorful, indah oleh Google, dengan menggambarkan Doodle tersebut dengan desain arsitektur dan bangunan karya sang maestro. Bangunan paling kiri adalah Park Guell dan yang paling kanan adalah patung tentara Roma yang ada pada arsitektur paling terkenal yang pernah dibuat Gaudi, Sagrada Familia.

Indah, artistik, penuh warna, dan penuh dengan desain khas Gaudi yang dikreasikan secara cerdas dan penuh seni oleh Google. Sebuah desain arsitektur hasil tangan Gaudi yang digabungkan dengan kreativitas Google Doodle. Apa jadinya? A colorful Doodle added with some spices of Gaudi's architecture design.

5. St. George's Day (23 April 2014)
Akhirnya kita sampai pada posisi terakhir! Posisi ini dimiliki oleh St George's Day, yang merayakan hari kematian Santo Georgius yang jatuh pada 23 April. Santo Georgius adalah seorang tentara Roma yang dihormati sebagai martir Kristen. Ia sering dikaitkan dengan cerita legenda "Santo Georgius dan Sang Naga." Naga tersebut merupakan lambang dari Iblis.

Dengan melihat Doodle ini secara sekilas, saya bisa langsung menyimpulkan bahwa Doodle ini menghadirkan atmosfer yang sangat dark, kelam, dengan warna abu-abu yang sedikit gelap yang menutupi hampir seluruh gambar, selain warna putih. Dihiasi dengan desain naga yang besar dan siluet Santo Georgius yang membawa tombak dengan kudanya serta pepohonan kering, Doodle ini kelam, namun justru nuansa art yang begitu dark dan kelam itu mampu menghadirkan kesan pertarungan Santo Georgius dan naga yang begitu menegangkan. Atmospheric and dark, St. George's Day Doodle served the fight between St. George and the dragon beautifully grim.

Inilah 5 Google Doodle terbaik menurut saya. Jika saya sempat, saya akan menambahkan beberapa Doodle lagi yang akan saya masukkan ke dalam Honorable Mentions. Kini, cukup sekian dari saya. Semoga dengan Doodle-Doodle di atas, kita dapat menjadikannya inspirasi bagi kita atau menjadi penyegar di saat membosankan. Terima kasih sudah membaca, Keep It Simple!





Comments

Popular Posts