Expect the Unexpected

Sering sekali kita mengalami yang namanya kewalahan, atau ketidakmampuan menangani suatu kejadian yang terjadi secara sudden atau tiba-tiba dan unexpected atau tidak terduga. Segala hal pun dapat terjadi secara tiba-tiba. Kamu tiba-tiba lemas?Kamu tiba-tiba sakit perut?Kamu tiba-tiba jomblo? Hampir semua hal dapat terjadi tiba-tiba dalam hidup ini. Begitu juga yang terkadang menimpa saya.

Tugas harus dikumpulkan esok harinya, padahal saya masih belum mengerjakan sama sekali karena yang saya tahu, tugas itu banyak, sehingga durasi waktu untuk mengumpulkannya pasti panjang. Maka, saya secara mendadak mengerjakan tugas itu malam-malam.

Tentunya kita harus tahu, ada banyak hal yang bisa terjadi secara sudden dan unexpected. Maka, tentu saja yang kita butuhkan adalah kesiapan mental. Kehidupan adalah sebuah misteri. Terjadinya suatu peristiwa memiliki banyak possibility. Contoh, jika kamu pacaran. Mungkin saja pacar kamu memutuskan kamu tiba-tiba, bisa saja dia secara mendadak ngambek, dia murung secara tiba-tiba,dan sebagainya. Hidup memiliki banyak kemungkinan yang perlu kita duga.
Guru SD saya pernah mengatakan : "Persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan." Jika kita telah mempersiapkan segala sesuatu secara matang dan mendetail, kita tentu akan siap dengan seluruh kemungkinan yang akan terjadi.

Kamu bukanlah peramal atau pembaca garis tangan, apalagi tukang kartu tarot. Kita adalah manusia, yang harus bersiap mengalami segala kejadian yang baik ataupun buruk. Tuhan adalah perencana kehidupan kita. Ia menyediakan beragam prospek kehidupan yang baik bagi kita. Kita harus menyadari bahwa itu adalah yang terbaik untuk kita. Tuhan tahu apa yang terbaik bagi kita. Ketika kita gagal, ia mengingatkan kita untuk bangkit, maju dan menjadi yang terdepan.

Menjelajahi kehidupan adalah hobi saya. Saya senang untuk memikirkan apa saja yang bakal terjadi dalam kehidupan ini. Bagi saya, itu adalah aktivitas yang menyenangkan. Menjelajahi setiap sudut kehidupan dari sudut pandang kita sendiri. Menduga hal tak terduga, meraih yang tak dapat diraih.

Yap, sekian untuk post ini. Marilah kita belajar untuk menduga hal tak terduga. sebuah kemampuan yang saya rasa tidak perlu dipelajari, cukup kita yang menyadari. Kita memang bukan peramal, namun setidaknya, kita bisa menduga apa peristiwa yang tidak terduga yang mampu menghampiri kita. Tetapi, setiap hal tak terduga terjadi, jadikan itu pelajaran, bahwa sesungguhnya dengan adanya hal-hal terduga dalam hidup, kita mampu mengerti indahnya kehidupan dengan hal-hal di luar dugaan. Persiapkan diri, sebab setiap pintu dalam kehidupan tidak memiliki celah untuk diintip.

"Anda harus mengambil resiko. Kita hanya akan mengerti keajaiban dalam hidup secara penuh ketika kita mengizinkan hal-hal tak terduga terjadi."
Paulo Coelho -  Novelis dan Penulis The Alchemist


Comments

Popular Posts