Blog The Book #5 : The Power of Habit - Charles Duhigg

Ketika seseorang memiliki kebiasaan-kebiasaan yang munculnya dalam hidupnya, maka secara dominan, ia akan terus menjalani aktivitasnya sejalan dengan kebiasaan tersebut. Misalnya, seperti saya. Ketika bangun pagi, saya akan pergi ke toilet, mengecek HP, duduk sebentar, lalu makan sambil menonton televisi, mengambil seragam, lalu mandi. Urutan selanjutnya, saya memakai seragam/baju, memakai ikat pinggang, memakai sepatu, lalu berdoa. Itu adalah kebiasaan-kebiasaan harian saya.

Akhirnya saya menyadari, bahwa kebiasaan-kebiasaan yang saya atau bahkan kalian tumbuhkan dalam kehidupan, memiliki kekuatan yang abstrak dan mampu berpengaruh dalam kehidupan kita, bahkan bisa membawa kita menuju kesuksesan.

Pikiran saya mengenai kebiasaan mulai terbuka ketika membaca buku hebat karya Charles Duhigg ini.


The Power of Habit memberikan kejernihan bagi saya tentang kebiasaan dan dampak dahsyatnya bagi kehidupan kita. Duhigg mengambil kasus-kasus yang nyata dan memang pernah terjadi, seperti kasus Pepsodent & perubahan pegawai Starbucks yang jadi sukses. Semua itu ditelaah dengan analisa-analisa ilmiah yang cerdas dan mendalam, yang tidak jatuh membosankan berkat teknik penceritaan yang begitu padat dan mengikat pembaca. Kita akan membaca bagaimana Howard Schultz mengubah Starbucks menjadi cafe retail ternama dunia. Kita akan membaca bagaimana sebuah perusahaan aluminium, membentuk kebiasaan perusahaan yang mengutamakan keamanan pekerja yang tinggi.

Semua hal di atas dikupas secara mendalam, yang dilengkap oleh beberapa ilustrasi gambar dan diagram sederhana yang sangat membantu kita untuk memahami apa yang berusaha dijelaskan Duhigg. Ilustrasi-ilustrasi ini bisa menjadi salah satu kunci bagi kita dalam memahami kebiasaan dan pola-polanya. Bahkan, Duhigg juga menggunakan 3 kunci dasar yang menjadi 3 bab besar dalam buku ini : Bab 1 yaitu Kebiasaan Perorangan, Bab 2 tentang Kebiasaan Organisasi yang Sukses, dan Bab 3 mengenai Kebiasaan Komunitas.

KESIMPULAN :
Terkadang dari hal-hal sederhana, ada hal-hal substansial yang bisa kita peroleh. Buku ini membuktikan hal tersebut. Kebiasaan bukan ditinjau dari sisi motivasi diri dan pribadi, tetapi melalui penjabaran ilmiah dan penelitian yang detail dan hebat, tanpa kesan membosankan, yang juga ditopang oleh gaya bercerita seolah-olah seperti novel. One of my favorite.

Comments

Popular Posts