5 Lagu Indonesia Favorit!

Hampir 1 bulan saya nggak menelurkan post. Ya, dikarenakan beberapa kesibukan seperti lomba, tugas dan ulangan yang kampret, saya harus cabut dari dunia menulis untuk sementara. Setiap kali ingat blog, saya merasa tugas dan materi ulangan di depan mata berteriak-teriak memanggil saya.

Tapi, kali ini, saya kembali dengan list baru! List ini adalah list yang berisi 5 lagu dalam negeri favorit saya. Mungkin sebagian besar lagu bukan lagu baru, tetapi ada alasan mengapa saya memilih lagu-lagu tersebut. So, silakan disantap!

5. Iwan Fals - Belum Ada Judul

"Pernah kita sama-sama susah."
Lagu yang satu ini agak sedikit ambigu. Dengan judul "Belum Ada Judul", Iwan Fals tidak hanya berhasil membuat saya bingung dengan judulnya tetapi liriknya. Saya berusaha menafsirkan liriknya, dan yang saya dapat adalah mengenai sahabat (Menurut saya).
Tapi dibalik ambiguitas judulnya, liriknya luar biasa ngena untuk sebuah persahabatan, apalagi ditambah petikan gitar sang legenda yang kelam. Iwan Fals berhasil menciptakan lagu 'belum ada judul' yang mungkin belum bisa terlepas dari diri saya.

4. Tulus - Pamit

"Izinkan aku pergi dulu."
Salah satu hal yang membuat saya menyukai Tulus adalah karena liriknya yang terkesan tulus. Ketulusan Tulus (Apa sih..) dalam membuat lirik benar-benar menggugah emosi pendengar termasuk saya. Nah, lewat lagu terbarunya, Pamit, saya benar-benar merasakan sepasang kekasih yang saling berpamitan dan pergi berpisah. Tulus dengan suara jazznya yang khas ditopang oleh permainan piano dan orkestra bernuansa goodbye membuat lagu ini sangat cocok didengarkan di hari yang mendung atau bahkan saat langit sedang menurunkan tangisannya.

3. Peterpan - Mimpi Yang Sempurna

"Aku kan menghilang, dalam pekat malam."
Lagu ini seharusnya kalian tahu. Inilah lagu yang menjadi hits besar dan membawa Peterpan menjadi salah satu band legendaris hingga kini bernama NOAH. Saya nggak mau banyak bicara soal lagu ini. Puitis, misterius, suara kharismatik Ariel adalah alasan kenapa lagu ini menjadi awal mula bersinarnya Peterpan di industri musik Indonesia. Dan awal mula Peterpan bersinar di hati banyak orang.

2. Jamrud - Pelangi Di Matamu

"Jam dinding pun tertawa, karena ku hanya diam dan membisu."
Diambil dari salah satu album terlaris di Indonesia, Jamrud berhasil menghadirkan lirik yang tak kalah puitis dengan Peterpan. Kata-kata yang diolah dengan bumbu-bumbu majas yang menggoda selera, "Pelangi di Matamu" adalah sebuah sajian lezat yang menggoda dan menyentuh. Memang sih saya nggak kenal vokalisnya, tapi suara serak-serak basahnya menggoda.

1. Peterpan - Walau Habis Terang


"Kaulah cerita, tertulis dengan pasti."

Mungkin beberapa dari kalian kurang setuju dengan pilihan saya, tetapi lagu inilah yang dapat membuat saya bringfeel (Baca : Bawa Perasaan). Mengisahkan perpisahan yang diiringi permainan musik yang ceria namun dialiri emosional oleh tiap pemainnya, Walau Habis Terang adalah single favorit saya dari Peterpan, dan lagu Indonesia favorit saya. Dan satu yang pasti, suara Ariel masih tetap konsisten dan khas.



Yap! Itulah list lagu Indonesia favorit saya yang singkat ini. Mungkin bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin napak tilas ke masa-masa dimana musik Indonesia masih punya makna yang mendalam atau ingin mencari lagu Indonesia masa kini yang mampu tampil beda dari musik-musik Indonesia lainnya. See you in the next story!

Comments

Popular Posts