Petunjuk Praktis #1 : Tips Mobile Photography!

Sebagai seorang penulis, saya seringkali menggunakan foto untuk meningkatkan dosis atmosfir yang sesuai dengan tulisan yang saya kerjakan. Terkadang ambil dari Google, terkadang dicari di Pinterest, dan ada kalanya saya menggunakan foto yang saya jepret sendiri dari kamera smartphone. Nah, sejak saya terhipnotis oleh seni fotografi sekitar 2 bulan yang lalu, saya mulai mendalami seni tersebut. Namun, karena keterbatasan modal dan peralatan, akhirnya saya meng-equip diri saya dengan sebuah smartphone Samsung Galaxy A5 (2014).

Dari semua teknik yang saya pelajari dari berbagai website fotografi dan pengalaman sendiri, saya ingin membagikan teknik-teknik mobile photography untuk menghasilkan foto yang cantik layaknya hasil jepretan kamera. Monggo, dibaca..

1. Identifikasi Subyek yang Ingin Ditangkap
Alex Strohl, seorang fotografer yang membagikan nasihatnya dalam mobile photography di Artifact Uprising mengatakan, sebelum mengambil sebuah foto, kita harus memikirkan kembali siapa atau apa subyek yang akan dipotret. Setelah kita menentukan subyek fotografi kita, kita bisa memotret subyek tersebut dan kita bisa menyampaikan pesan yang ingin disampaikan lewat foto tersebut.

By : Alex Strohl

2. Carilah Pencahayaan yang Baik
Yang paling sederhana dari seni mobile photography adalah pencahayaan yang baik. Menurut Michael Giroux, seorang fotografer profesional yang pernah memberikan tips mobile photography di situs Artifact Uprising, mengatakan bahwa kita perlu mencari area yang teduh dan mendapat pencahayaan horizontal yang cukup. Jangan cari area yang terlalu teduh, yang bisa membuat hasil jepretanmu tidak terlalu jelas.

By : Michael Giroux

3. Mengurai Nilai Estetis dari Setiap Momen
Masih dari situs yang sama, kali ini dengan fotografer yang berbeda. Kyle Steed menjelaskan bahwa sesungguhnya kita tidak harus selalu menjepret sesuatu yang megah, epic, dan dramatis. Yang kita perlukan hanyalah untuk menangkap dan menghasilkan setiap momen sederhana yang terjadi pada kita atau bahkan di sekitar kita, sebab kita bisa mengurai keindahan dari momen-momen tersebut. Kita hanya butuh latihan dan kesabaran untuk bisa jeli, menangkap setiap momen yang ada.

By : Kyle Steed

4. Ciptakan Style Pribadi
Sekarang nasihatnya berasal dari saya pribadi. Saya merasa bahwa style dibutuhkan ketika akan melakukan fotografi. Ini untuk menciptakan kekhasan dan keunikan yang ditimbulkan setiap foto yang kita tangkap. Saya sendiri memiliki style fotografi yang gelap, atmospheric, dan kelam, dengan clarity  yang terkadang tinggi, sehingga bisa memainkan perasaan.

By : Christian Lim (Edited With : Adobe Photoshop Lightroom)
Itulah beberapa tips praktis dan sederhana dari saya mengenai mobile photography. Saya harap, tips dan teknik yang saya bagikan ini dapat diterapkan oleh kita semua sehingga bisa menciptakan karya seni dengan modal terbatas, hanya kamera smartphone, dan membagikannya kepada orang banyak untuk dapat dinikmati dan diresapi maknanya!

See ya!

Comments

Popular Posts